Uncategorized

MALAYSIA, PRIPOS.ID – Sebagai  tindak lanjut kegiatan Academic Writing Workshop yang diselenggarakan  April 2024 yang lalu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Luar Negeri Universitas Islam Bandung (PKM-LN Unisba) menggelar Seminar Internasional bertajuk “International Conference on Communication Studies, New on Media & Social Sciences (ICCSNS) 2024”,  Kamis (30/5). Acara ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu daring melalui zoom meeting dan luring dilakukan di Library Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Negeri Sembilan, Malaysia.

Seminar Internasional ini merupakan kolaborasi kerjasama antara Universitas Islam Bandung dengan The AID Academy Malaysia. Acara yang diselenggarakan pukul 10.00 MYT ini dibagi ke dalam 2 sesi, sesi panel session dan parallel session. Sesi panel diisi oleh pemaparan materi dari Keynotes Speakers terkait Kajian Komunikasi, Media Baru dan Ilmu Sosial. Paparan materi pertama tentang Trend Media Convergence, Research and Development, Case in Indonesia disampaikan oleh Prof. Dr. Atie Rachmiatie, M.Si, selaku Keynote Speaker pertama yang juga merupakan Dekan Fikom Unisba. Sesi ini dilanjutkan dengan paparan materi kedua tentang Media & Society: The Impact, Challenge, and Opportunities, dari Keynote Speaker kedua yaitu Dr. Suria Hani A. Rahman, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Internasional, Fakulti of Leadership Management, USIM Malaysia. Adapun pada sesi paralel, para peserta mempresentasikan hasil karya ilmiahnya sesuai dengan urutan presentasi yang dimuat pada akun YouTube AID Academy.

See also  19 Warga Namibia Ikuti Diklat Instruktur Bidang Maritim di Indonesia

Melalui kegiatan Seminar Internasional yang digagas oleh para dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba ini, para peserta yang terdiri atas mahasiswa, akademisi serta umum dapat mendiseminasikan hasil penelitiannya dan menuliskan artikel atau karya tulis ilmiahnya sesuai dengan ketentuan penulisan karya ilmiah yang telah dilatihkan pada kegiatan Writing Academic Workshop yang telah dilaksanakan pada bulan sebelumnya. Hasil karya tulis ilmiah para peserta ini kemudian akan diseleksi untuk dimuat di jurnal ilmiah International Journal of Communication, Management and Humanities (IJCoMaH).

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang oleh para dosen sebagai kontribusinya dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa membuat artikel ilmiah yang layak dipublikasikan di jurnal ilmiah. Diselenggarakannya kegiatan Seminar Internasional ini diharapkan dapat dimanfaatkan  para mahasiswa, baik mahasiswa S1, S2 maupun S3 untuk mempublikasikan luaran penelitiannya.

See also  Bandung Inspiring Music: Inspirasi Kreatif Generasi Baru Musisi

Seminar Internasional ini disambut  hangat oleh Dr. Suria Hani A. Rahman, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Internasional, Fakulti of Leadership Management, USIM Malaysia. Suria menyampaikan bahwa kegiatan yang merupakan implementasi kolaborasi kerjasama antara Unisba dan USIM ini  bermanfaat bagi bidang akademik secara khusus untuk publikasi karya ilmiah mahasiswa. “Saya berharap kolaborasi kerjasama ini dapat dilaksanakan secara kontinu melalui kegiatan kerjasama lainnya, khususnya di bidang akademis, dan kegiatan ini tentu diharapkan dapat membawa kebermanfaatan bagi seluruh peserta yang hadir secara online maupun offline”, ujarnya.

Pada penyelenggaraan acara ini selain dihadiri oleh para peserta seminar, juga dihadiri  para mahasiswa dan dosen dari Fakulti of Leadership Management, USIM yang aktif berinteraksi saat sesi tanya jawab panel session berlangsung. Selain itu, perwakilan The AID Academy Malaysia, Dr. Siti Surani Othman, turut hadir dan berkolaborasi dengan Tim PKM-LN Unisba pada pelaksanaan acara di lokasi. Pada acara ini juga para peserta mendapat apresiasi berupa penghargaan untuk ‘paper terbaik’ yang mewakili dari tiga kategori, mahasiswa undergraduate, mahasiswa postgraduate dan umum.(ask/bnn)

See also  Ratusan Lembaga Halal Luar Negeri Ajukan Saling Keberterimaan dengan Indonesia
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button