Berita

Geliat Ekonomi Kerakyatan di Komplek Unisba Mandala Mekar

Kades Mandala Mekar Mengapresiasi Kegiatan Pasar Mingguan Komplek Unisba

SALAMMADANI.COM – Komplek Perumahan Unisba (Universitas Islam Bandung) yang terletak di Desa Mandala Mekar, Kabupaten Bandung mulai giat Pasar Mingguan, Ahad  (11/8). Pasar Mingguan Komplek Unisba ini digelar setiap Ahad pukul 06.00 – 11.00. Hingga 11 Agustus tenant yang sudah mendaftar sebanyak 65. Namun di hari perdana Pasar Mingguan baru sekira 30 tenant yang mulai mewarnai komplek Unisba. Tenant yang terlibat berasal dari warga RW 12 dan juga warga RW lain yang biasa mengikuti kegiatan sejenis.

Menurut koordinator lapangan Pasar Mingguan Unisba, Agung M Faisal yang sekaligus Ketua RT 03 kegiatan ini sebagai upaya membangkitkan ekonomi kerakyatan, terutama di lingkungan RW 12 Komplek Unisba yang kini warganya semakin beragam.

See also  Rektor Unisba: Pencapaian Unisba Kini Merupakan Lanjutan Kepemimpinan Terdahulu

Sementara koordinator pendaftaran tenan Satya Indra Karsa yang juga dosen Fikom Unisba menjelaskan bahwa antusias warga menjadi tenant kegiatan cukup tinggi.

“Baru kita umumkan saja sudah banyak warga yang ingin mendaftarkan standnya. Memang mayoritas dari warga komplek Unisba, selebihnya dari para pedagang yang biasa mengikuti pasar kaget di berbagai tempat, seperti pasar kaget Gasibu setiap Minggu, Saung Udjo di hari Kamis, dan pasar kaget Cikadut hari Sabtu,” jelas Indra.

Acara dibuka oleh sesepuh komplek Mulyadi (mantan Kabag Keuangan Unisba, red) yang menjadi pelaku sejarah pendirian komplek Unisba. Selanjutnya sambutan dari inisiator kegiatan Ketua RW 12 Askurifai.

“Inisiasi membuka Pasar Mingguan Unisba sebetulnya sudah cukup lama untuk menggairahkan perekonomi kerakyatan di lingkungan RW 12 dan sekitarnya. Gayung pun bersambut karena dari pihak pemerintahan Desa Mandala Mekar menyambut baik kegiatan ini. Akhirnya dengan bantuan dari berbagai pihak mulai 11 Agustus Pasar Minggun Komplek Unisba dimulai,” ungkap Askurifai.

See also  Perhutani Bandung Utara Laksanakan Tabur Benih Pinus di Burangrang Selatan

Ketua 01 Tatang Supriatna yang wilayahnya dijadikan fokus Pasar Mingguan Unisba merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini.

“Alhamdulillah kini wilayah RT 01 dan sekitarnya jadi ramai. Situasi menjadikan komplek jadi hidup. Biasanya hari minggu sepi. Banyak warga yang pergi ke pasar seperti Gasibu dan Arcamanik untuk sekadar refreshing dan belanja jajanan dan barang yang terkadang unik tidak ada di Mall,” kata Bah Tatang yang baru saja memasuki masa purnabakti Unisba.

Sementara itu Kepala Desa Mandala Mekar Budi Hartono mengapresiasi kegiatan yang dilakukan warga RW 12 ini dan berharap kegiatan sama juga dilakukan di wilayah Desa Mandala Mekar.

See also  Konsul Haji: Saudi Cabut Aturan Pembatasan Jarak Sosial dan Karantina

Budi Hartono mengungkapkan kegiatan ini sebagai pemantik geliat ekonomi rakyat di lingkungan Desa Mandala Mekar.

“Semoga kegiatan ini mampu menstimuli warga RW lain untuk memajukan perekonomian rakyat, khususnya di wilayah Desa Mandala Mekar. Apalagi puluhan UMKM tersebar di wilayah Desa Mandala Mekar yang perlu media untuk memasarkan produk dan jasanya, selain melalui online shop,” terang Budi Hartono yang saat meninjau memborong dagangan yang dijajakan tenant-tenant yang berjajar di sepanjang gerbang masuk Komplek Unisba hingga Jalan Unisba IV.(ask/bnn)

Kegiatan Pasar Mingguan Komplek Unisba dimulai 11 Agustus 2024. Berbagai produk UMKM warga RW 12 dan sekitarnya berjajar memenuhi Jalan Unisba Raya. (foto: imam)
Show More

Related Articles

Back to top button