Berita

Di Pasar Mingguan Komplek Unisba Ada Pupuk Unik Produk Pak Ustad

SALAMMADANI.COM – Meskipun Pasar Mingguan Komplek Unisba baru dilaksanakan dua kali terlihat antusiasme warga cukup tinggi. Beberapa tenant yang sejak pukul 06.00 dini hari sudah membuka lapaknya bersyukur karena banyak warga yang membeli dagangannya.

Dari sekian tenant yang berjejer mulai dari mulut gerbang Komplek Unisba bawah terlihat ada stand unik karena menjajakan dagangan berupa pupuk cair PSB. Selidik punya selidik menurut kreatornya Ustad Rakhmat Effendi PSB merupakan bakteri fotosintesis atau photosynthetic bacteria (PSB), yakni bakteri autotrof yang bisa berfotosintesis dengan sendirinya. PSB punya pigmen Bakteriofil A atau B yang bisa memproduksi pigmen warna merah, hijau, hingga ungu untuk menangkap energi matahari yang digunakan sebagai bahan bakar fotosintesis.

“Bakteri fotosintetik memiliki vakuola berisi enzim untuk menambat CO2 bebas yang disebut Rubisco atau ribulosa bipospat karboksilase. Enzim ini bertugas untuk mempermudah Ribulosa Bi Pospat atau RuBP dalam menangkap karbon dioksida bebas yang ada di udara dan kemudian mengubahnya menjadi senyawa organic,” jelas Rakhmat.

See also  Puskaji LPPM Unisba Selenggarakan Diskusi Moderasi Beragama

Menurut purna bakti dari Fakultas Dakwah Unisba ini sama seperti halnya pada tumbuhan maka bakteri fotosintetik juga melakukan reaksi penyusunan senyawa organik dari karbondioksida dengan memanfaatkan energi dari cahaya. Reaksinya akan dimulai dari reaksi terang yang melibatkan penangkapan energi cahaya menggunakan pigmen khusus yang kemudian prosesnya akan berlanjut pada penyusunan senyawa organik dari karbon dioksida.

Selanjutnya Ustad Rakhmat yang produksi pupuknya dilakukan di Garut menjelaskan tentang manfaat PSB untuk tumbuhan, yakni membantu menstimulasi kekebalan tanaman dengan baik. Membuat kulit kayu atau batang yang kuat dan lebih tahan terhadap serangga. Kedua, membantu menstimulasi pertumbuhan akar tanaman untuk berkembang dan bercabang secara baik sehingga menghasilkan serat yang baik. Ketiga, bila digunakan secara teratur dan terus menerus bisa mengurangi pemakaian suplemen. Pupuk bisa dikurangi hingga 50 prosen sehingga menurunkan biaya produksi. Keempat, jika PSB dikombinasi dengan pupuk hasil fermentasi akan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas pupuk. Terakhir, PSB mampu mempercepat tanaman buah untuk berbunga, seperti lemon, tomat, manga, manggis, dan lainnya.

See also  Semua Kebutuhan Konsumsi Jemaah Haji Dimasak Chef Indonesia

“Bagi yang membutuhkan PSB bisa menghubungi bagian pemasaran 087832659796,” promonya.

Sementara itu menurut kordinator lapangan Agung M Faisal rencana ke depan Pasar Mingguan akan diisi dengan berbagai event yang dibutuhkan masyarakat, seperti pemeriksaan  mata gratis, pemeriksanaan kolesterol, tekanan darah dan lainnya.  Atau event lain yang mampu mengundang masyarakat untuk datang.

“Sama halnya seperti di mall, hal yang ditunggu pengelola mall adalah banyak event. Karena dengan banyaknya event maka masyarakat akan datang berkumpul kemudian akan terjadi transaksi ekonomi di sini,” ungkap Agung.

Sementara itu menurut bagian pendataan tenant Satya Indra Karsa semakin banyak warga yang ingin menjadi tenant tapi tentunya sedikit demi sedikit pengelolaannya terus dibenahi.

See also  Kini Kemenag Susun Kisi-Kisi Ujian Pendidikan Kesetaraan Pesantren Salafiyah

“Karena baru dua kali kami masih harus melakukan berbagai pembenahan agar kenyamanan para tenant muncul sehingga gairah untuk berjualan pun semakin tinggi,” jelas Indra.

Rencananya pihak pemerintahan Desa Mandala Mekar juga akan dihubungi Agung untuk bisa membuka pelayanan masyarakat di lokasi agar interaksi dengan masyarakat bisa ditingkatkan lagi.

Selain itu media yang menjadi mitra Pasar Mingguan Komplek Unisba mulai berita edisi ini akan mengulas berbagai produk yang dijajakan para tenant secara bergantian sehingga ada literasi produk sebagai nilai lebih pasar mingguan ini.(ask/bnn)

Kini di tengah mahalnya pupuk pabrikan gebrakan Ustad Rakhmat Effendi dalam memproduksi pupuk PSB sebagai pupuk super menjadi solusi para petani dan penghobi tanaman hias.(foto: ist)
Show More

Related Articles

Back to top button